Laporkan Penyalahgunaan

juwitajuwita.com

Cerita 10 Bulan Bersama Wordpress dan Pindah Ke Blogspot

16 komentar


Belajar dari pengalaman, akhirnya dengan berat hati diriku beralih ke blogspot. Selamat tinggal wordpress. 

Alasan Meninggalkan Wordpress

Sejujurnya berat meninggalkan blog yang sudah dibangun sejak Oktober 2021 lalu. Bukan karena ingin pindah ke lain hati tapi dengan berbagai pertimbangan saya harus meninggalkan agar tetap produktif dengan blog berstatus Top Domain Level (TDL). 

Blog dengan Rumah Juwita awalnya dibangun agar bisa tetap menyalurkan keinginan menulis pasca resign bekerja. Tanpa berpikir panjang saya mulai bertahap membangun blog Rumah Juwita sendiri. 


Beli domain dan hosting dengan wordpress seharga Rp.165.000,- di Rumah Web. Beberapa menit proses dan domain dengan nama www.rumahjuwita.com sudah bisa diakses. Wow keren. Meski banyak ujian setelah web ini didaftarkan TDL.

Mulai dari terbakarnya Gedung Cyber 1, tempat penyimpanan  server backup Rumah Web yang menyebabkan web saya tidak bisa diakses kurang lebih seminggu. 

Galau sekali saya saat itu, baru saja mau mulai membangun web TDL. Sudah mulai lagi stagnan karena web belum bisa diakses seminggu lamanya. Subhanallah. 

Qodarullah juga saya sakit, anak-anak sakit yang mengharuskan saya tidak bisa aktif update artikel. Hampir 9 bulan saya hanya bisa update satu kali sebulan. Itupun karena mengikuti lomba blog.

Ya begitulah, ternyata tak semudah yang dibayangkan. Apalagi kita menulis di web sendiri belum ada kepastian kita akan mendapatkan cuan. Sedihnya meski ini tantangan. Astagfirullah. 

Hari demi hari, bulan demi bulan web Rumah Juwita seperti tak berpenghuni. Sampai saya akhirnya berpikir sebentar lagi web saya harus diperpanjang. Sementara belum ada penghasilan dari web ini, sedangkan saya harus bayar perpanjangan domain. 

Setelah saya menghubungi admin Rumah Web dan tahu harga perpanjangan fantastis. Emak pengangguran seperti saya ini mulai berpikir untuk menutup blog ini karena terlalu mahal bagi saya jika harus memperpanjang. Semua mimpi menjadi blogger profesional harus saya kubur dalam-dalam. Mellow sambil menitikkan air mata. Bye Bye Bloggers. 

Tapi nurani ini masih ingin punya blog. Searching lagi bagaimana bisa membuat blog dengan modal minim dan perpanjangan tidak terlalu mahal. Akhirnya kesimpulan saya. Saya harus beralih ke blogspot dan hanya membeli domain. 

Sampai akhirnya hadirlah blog www.juwitajuwita.com. Semoga saat ingat blog Sunnah jadi ingat Juwita.


Selamat Datang Blogspot

Bermodal nekat tanpa pikir panjang saya membeli domain baru di tempat yang sama Rumah Web. Masya Allah pelayanannya benar-benar 24 jam. Maklum emak rempong seperti saya hanya bisa produktif online pad malam hari. Jadi hanya bisa membeli dan mendaftar pada malam hari. Hanya dalam satu jam domain atas nama Juwita sudah dibeli dan tinggal 24 jam, website aktif. Masya Allah. (Pengalaman Bersama Rumah Web). 


Saya tanpa ilmu mulai menata template seadanya. Menonton berbagai tutorial dan akhirnya hadirlah personal blog saya yang masih seadanya. Alhamdulillah. (Semoga selalu stay disini ya dan betah). 


Semoga Lebih Produktif 

Produktif masih sebatas kata dan belum sepenuhnya terbukti lewat action. Benar bagi emak 4 anak ini, ini adalah perjuangan dalam mengatur waktu sebaik mungkin. Tugas utama tidak boleh lalai dan semoga bisa membagi waktu dengan baik. 

Semoga Blog ini bisa memberikan manfaat bagi orang lain yang berkunjung. Mimpi saya menjadi seorang blogger bisa terwujud. 

Kelemahan dan Kelebihan Wordpress dan Blogspot 

Nah, tentu saja ini versi saya yang telah membersamai wordpress selama setahun dan berpindah ke blogspot. 



Wordpress

Wordpress yang merupakan sebuah platform pembuatan website content management system (CMS) dari Matt Mullenweg dan juga Mike Little pada tahun 2003 ini dikenal sebagai platform yang sangat mudah diaplikasikan oleh siapapun baik secara gratis maupun berbayar.

Tampilan dashboard WordPress yang lebih komplit dengan tools yang beragam




Kelebihan

  • Mudah digunakan dan bisa diakses secara gratis 
  • Tidak perlu coding
  • Memiliki banyak plugin yang membantu kita mudah terdeteksi oleh google menggunakan YOAST SEO misalnya 
  • Tema sangat beragam dan cocok untuk generasi milenial
    Tampilan YOAST SEO Wordpress berbayar. Kelebihannya kita dipandu menghasilkan artikel yang bagus dan ditandai dengan lampu berwarna hijau











Kelemahan

  • Hosting dan template untuk fitur gratis terbatas
  • Pembayaran perpajangan domain dan hosting yang agak mahal 
  • Tidak bisa menerima iklan Google Adsense secara langsung
  • Tidak bisa menggunakan plugin secara bebas


Blogspot


Blogger atau yang lebih dikenal Blogspot merupakan layanan blogging yang disediakan oleh Google. Melalui blogspot seseorang bisa membuat blog sendiri baik personal maupun bisnis. 

Kelebihan 

  • Blogspot produk Google yang terintegrasi dengan google
  • Ramah SEO (Search Engine Optimization)
  • Sangat mudah digunakan dan praktis
  • Bisa kustomisasi sendiri
  • Bisa langsung didaftarkan di Google Adsense

Kelemahan

  • Tampilan dashboard sangat sederhana
  • Tools tidak lengkap
  • Harus menggunakan coding HTML dan CSS
  • Terikat dengan aturan Google

Tampilan dashboard blogspot yang sederhana dan mudah digunakan

Jadi saya pribadi berkesimpulan Wordpress maupun blogspot memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Sekarang tinggal kita memilih mau menggunakan apa. 

Diantara pertimbangan akan memonetisasi (web dengan TDL) yang bisa dijadikan patokan memilih wordpress atau blogspot adalah

1. Budget 

Ya setelah saya melewati satu tahun tanpa ilmu blog saya berpikir sebelum memutuskan untuk menjadikan blog kita berstatus TDL atau berbayar. Kita bisa mempertimbangkan budget yang kita miliki. 

Ini sedikit referensi harga domain dan hosting di Rumah Web yang bisa jadi referensi.

Di awal mendaftar menggunakan wordpress saya tidak mempertimbangkan pembayaran jangka panjang yang ternyata jauh lebih mahal dari promo awal yang diberikan. Sedangkan saya tidak memiliki sumber keuangan untuk membayar perpanjangan tersebut. Hingga akhirnya saya berpindah ke blogspot dengan domain yang baru. 

Pertimbangan lebih murah karena hanya beli domain dan harga perpanjangan flat.

2. Kualitas 

Ya, saya berkesimpulan menggunakan wordpress akan sangat memudahkan kita untuk masuk ke Page One Google tanpa perjuangan ekstra. Karena banyak tools yang membantu kita agar kualitas artikel kita sesuai standar SEO. 

Sementara blogspot kita harus kerja ekstra dan lebih giat menambah ilmu strategi untuk optimasi SEO. Belajar standar sebuah artikel berkualitas. (Rahasia mudah optimasi artikel blogspot agar berada di Page One Google).

Masya Allah, 10 bulan membersamai blog banyak hal yang perlu dilakukan jika memang kita ingin menjadi seorang blogger. Tidak semudah membalikkan telapak tangan. Bukan sekedar membuat artikel lalu mempostingnya kemudian selesai. 

Tidak, banyak lagi yang harus kita pikirkan. Saya sendiri masih dalam tahap perkenalan. (Baca, 9 Fase Penting untuk Menjadi Blogger Profesional Berpenghasilan Jutaan). 

Jadi bagi newbie atau profesional yang membaca artikel saya ini semoga bisa berbagi pengalaman di kolom komentar ya. Agar kita bisa saling menimba ilmu. Jazakumullahu Khair. 



Juwita
Nama Lengkap saya Juwita Fajar Hari. Hampir familiar dengan nama Juwita. Saya seorang Full Ibu Rumah Tangga yang hingga 2022 masih diamanahi 4 orang anak. Saya perempuan berdarah Minang dan saat ini sedang berproses menjadi seorang blogger.

Related Posts

16 komentar

  1. Sy sndirj pilih blogspot krn duku nggak terllu tau wordpress to lama-lama jatuh hati jg krn mudah

    BalasHapus
  2. MasyaAllah, keren Mbak sepak terjangnya.. Akhirnya blog pribadi pun tetap exist meskipun dengan beberapa penyesuaian ya. Saya pun mirip-mirip dengan Mbak, baru saja belajar membangun blog pribadi dari awal.. Walau kadang bingung sendiri, tp sedikit demi sedikit saya pun jadi belajar.

    BalasHapus
  3. Barakallahu fiik, selamat atas rumah barunya di blogspot, kak Juwita.
    Apapun ada kelemahan dan kelebihan yaa..
    Dan semua itu gak jadi masalah kalau ngobrolin profesionalisme menulis. Semoga semakin banyak ilmu yang dituliskan untuk kebaikan diri sendiri dan ummat.

    BalasHapus
  4. Betul banget lo Mbak, jadi bloger yang ingin profesional itu harus benar ekstra tenaga, waktu dan pikiran. Dan sayapun belum sampai ke tahap situ *duh. Ada pastinya keinginan disitu. Pelan pelan asal tetap bergerak prinsip saya *jiaaaah

    BalasHapus
  5. Maasya Allah, saya pun sedang mempertimbangkan untuk beralih ke blogger. Tp tahun ini mau fokus dulu di blog TDL yang saya bangun bersama teman...

    BalasHapus
  6. Saya sendiri malah dari blospot ke wordpress mbak, mau jalan 1,5tahun hehe. Apapun platformnya mbak Juwita yg penting sesuai dg tujuan awal bisa menyalurkan hobi tulisan mbak..sukur2 jadi cuan yakaan

    BalasHapus
  7. MasyaAllah semoga dimudahkan mbak. Betul sekali pertimbangan biaya juga harus dipikirkan saat mambangun blog TLD. Aku malah pengen bikin WP, tapi kondisi keuangan dan pengeluaran masih belum bisa buat ngimbangi wkwk

    BalasHapus
  8. Wah aku jadi ingin tahu bagaimana caranya pilih hosting di rumah web

    BalasHapus
  9. Yang terpenting sebagai bligger itu tetap selalau update dan konsisten untuk menulis ya mba.. Apapun platform yg dipakai semua pasti ada kelebihan dan kekurangannya.. Yg penting kita nyaman aja untuk menjalaninya.. Semangaat :D

    BalasHapus
  10. Saya mau migrasi salah satu blog ke wordpress belum jadi jadi nih mbak
    Memang blogspot dan wordpress punya kelebihan dan kekurangan masing-masing ya

    BalasHapus
  11. Yes bener bangets, Wordpress maupun Blogspot memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, jadi tinggal sesuaikan dengan kebutuhan. Btw aku juga pelanggan Rumahweb

    BalasHapus
  12. Semoga makin produktif dan lancar ngeblognya setelah punya rumah baru. Terutama menghasilkan cuan buat bayar perpanjangan domain. Saya juga blogspot nih.

    BalasHapus
  13. saya juga memilih blogspot mbak, karena belum belajar wordpress sih, dari awal belajarnya baru blogspot hehe

    BalasHapus
  14. Semangat mba! apapun itu keputusan terbaik. Aku pakai Blogspot tapi berniat 2nd sama 3rd blog di WP. Tapi emang costly banget huhu

    BalasHapus
  15. Aku juga pakai blogspot, tapi dari awal. Belum pernah punya blog di wordpress. Masih perlu belajar banyak kalo mau pakai wordpress

    BalasHapus
  16. Semangat ya Mbak!
    Meskipun pindah ke blogspot, semoga nggak meredupkan semangat untuk terus menulis, ya Mbak

    BalasHapus

Posting Komentar