Laporkan Penyalahgunaan

juwitajuwita.com

4 Kesalahan Receh dalam Membuat Kue, Pemula Wajib Tahu

13 komentar
kesalahan-dalam-membuat-kue
Hasil baking kue menggunakan coklat bubuk kiloan rasanya kurang enak


Dalam proses membuat kue, banyak sekali kesalahan-kesalahan yang mengakibatkan kita gagal dalam membuat kue.  Hasil masakan yang kita buat menjadi gosong, lumer, keras, tidak manis, pahit dan banyak lagi. 

Ini juga yang saya rasakan, sepuluh tahun berumah tangga dan hampir 5 tahun ke belakang didedikasikan untuk menyajikan aneka makanan, minuman, camilan untuk keluarga. Banyak sekali kesalahan-kesalahan yang saya lakukan dalam mencoba berbagai resep masakan. 

Setidaknya ada empat hal kesalahan receh dalam membuat kue yang mengakibatkan hasilnya Ambyar Alias Gagal Total:

1. Perhatikan Takaran agar Tidak Lakukan Kesalahan dalam Membuat Kue

Nah, kesalahan kita kadang dalam membuat kue/masakan adalah tidak memperhatikan takaran yang telah ditetapkan oleh sebuah resep. Jika kita ingin membuat kue dan telah merasa yakin dengan resep yang kita pilih. Pastikan kita taat aturan ya Mak! 

Percayalah si pembuat resep sudah melakukan banyak trial error sebelumnya. Semakin kita taat aturan maka hasil masakan kita akan berhasil juga. 

Jangan sampai menakar asal-asalan, inilah awal mula kegagalan dalam baking/cooking tersebut. Kecuali kita memang sedang melakukan trial error juga dengan resep sendiri. 

Pentingnya
memperhatikan
takaran 

Jika sudah berhasil, tandai resep tersebut ya. siapa tahu bisa jadi resep andalan keluarga kita. Jangan lupa berterima kasih dan memberi tahu si pemilik resep jika resep mereka recommended sekali. 

Baca Juga: Cara Mengenal Resep Andalan di Sosial Media, Jangan Salah Pilih Resep

2. Pilihlah Bahan Berkualitas 

Ya, ini penting sekali dalam membuat kue atau memasak sesuatu. Semakin bagus kualitas bahan semakin besar peluang kita menyajikan menu lezat dan enak. 

Ini belajar dari pengalaman juga Mak. Beberapa waktu lalu saya membeli ragi kiloan dan hasil donat yang akan saya buat gagal. Tidak mengembang sama sekali. 

Begitu juga saat hendak membuat brownies kukus, karena ingin hemat dan bisa sering membuat. Saya mengganti coklat bubuk dengan coklat kiloan yang harganya lebih murah. Hasilnya rasanya di luar ekspektasi. Tidak rasa enak sedikitpun. 

Rasanya sangat pahit dan benar-benar ambyar. Jadi pilihlah bahan berkualitas agar hasil makanan kita lezat dan enak ya. 

3. Perhatikan Waktu dan Aturan Memasak 

Nah, ini juga penting sekali lho. Kadang karena tidak sabar dengan masakan yang sedang kita buat. Kita sering membesarkan api atau suhunya. Atau kita tidak taat aturan dengan waktu yang direkomendasikan. 

Hasilnya benar-benar tidak memuaskan. Kadang hasil baking kue kita menjadi keras, belum matang sempurna, hancur sehingga tidak bisa dikonsumsi atau disajikan kepada tamu. 

Ini juga pengalaman saya pribadi saat membuat pizza. Karena merasa adonan masih mentah. Saya sering mengulur waktu untuk mengeluarkan dari oven. Hasilnya ambyar full.Adonan menjadi sangat keras dan bahkan hangus dibawahnya. 

Pernah juga saya tidak taat aturan saat membuat kue kering. Karena tidak paham dengan suhu oven tangkring. Kue kering yang saya buat gosong akibat api api terlalu besar.  Jadi pastikan kita sudah mengetahui waktu memasak sebuah makanan ya. 

4. Perhatikan Penyajian Akhir 

Ini poin yang harus diingat bagi pemula. Jangan karena tidak sabaran kita langsung menyajikan makanan yang kita buat. Akibatnya makanan tersebut hancur atau lainnya.

Saya sering sekali kecewa dengan hasil akhir dari makanan yang saya buat karena tidak sabaran. Waktu itu saya membuat kue brownies. Aturannya jangan diangkat sebelum dingin agar kue tidak patah. 

Saking tidak memperhatikan, akhirnya benar karena tidak menunggu dingin kue patah dan hasilnya tidak cantik. Padahal kue rencana akan dihidangkan untuk tamu. 

Kesalahan-kesalahan diatas meskipun receh sering sekali kita abaikan dan berdampak pada kegagalan dalam membuat kue atau suatu makanan/minuman. 

Jika kita berencana membuat makanan dari resep yang sudah kita tetapkan.Agar berhasil sesuai rekomendasi si punya resep maka wajib perhatikan hal-hal diatas ya. 

Happy cooking mak-mak hebat. Semoga hal receh ini jadi bermanfaat untuk kemajuan kita di perdapuran agar tidak melakukan kesalahan membuat kue lagi. []

Juwita
Nama Lengkap saya Juwita Fajar Hari. Hampir familiar dengan nama Juwita. Saya seorang Full Ibu Rumah Tangga yang hingga 2022 masih diamanahi 4 orang anak. Saya perempuan berdarah Minang dan saat ini sedang berproses menjadi seorang blogger.

Related Posts

There is no other posts in this category.

13 komentar

  1. Sangat bermanfaat sekali nih tipsnya.. Dan pasti nih nanti saya praktekin terutama kalo saya dalam membuat kue bolu karena sering bantet..

    BalasHapus
  2. Betul sekali mba, receh yang sangat berarti, memang sangat mempengaruhi, ya, mba, beda takaran, lama memanggang dan lainnya yg disebutkan, sangat mempengaruhi hasil baking. Jadi pingin bebikinan...udah lama, nih nggak baking.

    BalasHapus
  3. Nah bener nih, meski kelihatannya receh, kesalahan ini bikin fatal dan gagal saat bikin kue ya..huhuhu. Maka saya beneran mesti lagi fokus bikin kue kalau mau, ga bisa nyambi apa gitu

    BalasHapus
  4. Aku boleh menambahkan berdasarkan pengalaman pribadi gak, kak..
    Salah satu faktor yang juga berpengaruh pada jadi atau tidaknya kue adalah kebersihan dari alat masak.

    Kalau alatnya gak bersih, seringkali kuenya jadi ambyar.

    oh sama satu lagi, mixer.
    Jadi saat mixer adonan, kecepatannya kudu sesuai. Kalau terlalu lamban, keburu bahannya melembek, gak mau ngembang.

    Terima kasih untuk tipsnya kak..
    Kudu sering-sering berlatih biar hasil bakingnya makin memuaskan. Karena kue yang lezat juga terlihat dari tampilannya yang manarik.

    BalasHapus
  5. Kalau menurutku bikin roti lebih strict dibanding kue. Untuk beberapa bahan, takaran kue bisa disesuaikan dan ga strict. Tapi kalau roti bisa gagal maning haha. Betewe bahan berkualitas, aku pernah beli premix mendekati expired. Ga ngembang donk haha

    BalasHapus
  6. NOted bgt ini mba.

    Aku jg pemula dlm bikin2 kue

    Ini bakal aku jadikan masukan

    BalasHapus
  7. Untuk urusan bikin kue ini aku selaluuuu gagal mba kwkwkw, tapi bener sih urusan receh seperti ini ngga diperhatikan sih, ya ngga heran kalau gagal ya kaann :)

    BalasHapus
  8. Noted, Kak. Terima kasih remindernya, moga bisa saya terapkan kalau kapan-kapan mau belajar bikin kue. Hihihi.

    BalasHapus
  9. Masih sering salah-salah jg nih soal.y kalau liat resep mesti ditimbang dulu eh dirumah cuma ditakar sendok hehe

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah, dapat ilmu lagi. Iya nih kadang kesel juga kalau terlalu detail, tapi bikin kue itu nggak kaya masak yang bisa ditambah dikurangi sesuai selera ya...

    BalasHapus
  11. Takaran ini yang yah, masih harus belajar lagi. wkwkwkk. Makasih remindernya, kak. Jadi semangat mau nyoba bikin kue lagi :D

    BalasHapus
  12. Makasih banyak tipsnya mbak, jujur akupun masih harus banyak belajar nih bikin kue, udah pernah gagal juga beberapa kali wkwkwk

    BalasHapus
  13. 4 tips yang nampak receh tapi pasti sangat berpengaruh sama hasil masakan kita

    BalasHapus

Posting Komentar