Laporkan Penyalahgunaan

juwitajuwita.com

Resep Semur Jengkol Enak dan Mudah

17 komentar
resep-semur-jengkol


Wah, akhirnya bisa juga membuat semur jengkol yang sudah lama diidam-idamkan. Hihi maklum dulu emak kerja. Sejak pengangguran banyak gabutnya, akhirnya banyak menu yang diidam-idamkan satu per satu mulai dieksekusi. (Jangan bosan ya ikutin emak Fadhlan terus). 

Nah, rahasia semur jengkol kali ini ada pada kelapa parut yang disangrai terlebih dahulu. Aroma kelapa membuat semur jengkol jadi lebih nikmat dan menambah nafsu makan. Resep ini dari Mama Gadis tercinta. Berikut resepnya: 

RESEP SEMUR JENGKOL 

Bahan-Bahan:

500 gr jengkol (rebus hingga matang dan digeprek terlebih dahulu)

Bumbu Halus:

6 siung bawang putih

4 butir kemiri

15 buah cabe merah keriting 

5 cabe rawit

1 sdm ketumbar

1/2 sdm merica

1/4 buah pala

1/2 sdt jinten 

4 lembar daun salam

1 cm lengkuas geprek

1 batang serai

3 lembar daun jeruk 

6 sdm kecap manis

50 gr gula merah

1/4 kelapa parut muda sangrai giliang halus

1500 ml air 

Semur Jengkol


Cara Membuat:

1. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun salam, daun jeruk, batang serai dan lengkuas. 

2. Masukkan jengkol. Aduk-aduk. Kemudian masukkan air, garam, kaldu bubuk dan gula pasir. 

3. Jika sudah mendidih, masukkan kecap manis dan gula merah. 

4. Masukkan kelapa parut sangrai. Aduk. (Kelapa ini membuat aroma semur jengkol menjadi lezat dan menambah nafsu makan). 

5. Biarkan hingga air menyusut dan mengental. Koreksi rasa siap dihidangkan untuk keluarga tercinta. 

Semur jengkol siap disajikan untuk keluarga tercinta.

Semur Jengkol Jadi Ingat Panen Padi di Kampung Halaman


Waktu kecil, saya sering sekali membantu orang tua atau keluarga lain yang sedang panen padi. Kami memanen padi secara manual menggunakan kaki. Hanya nanti kalau bulir-bulir padi sudah berpisah dengan batangnya baru menggunakan mesin pemutar untuk membersihkan sampah-sampah di padi. Sebelum di bawa pulang ke rumah, dijemur dan dibawa ke tempat penggilingan padi. 


Kampung halaman
Kenangan saat panen padi di kampung halaman 


Nah, semur jengkol ini adalah salah satu menu paling dicari semua keluarga. Aroma kelapa sangrai di kuah semur jengkol yang dicampur daun singkong sangat menggoda. Rasanya nikmat sekali. Paling dicari sekali. Masya Allah. 


Yuk cobain semur jengkol enak dan lezat ini. Apalagi bagi yang kurang nafsu makan, bisa coba makan semur jengkol. Enak dan dijamin ketagihan. 


Selamat mencoba ya. []

Juwita
Nama Lengkap saya Juwita Fajar Hari. Hampir familiar dengan nama Juwita. Saya seorang Full Ibu Rumah Tangga yang hingga 2022 masih diamanahi 4 orang anak. Saya perempuan berdarah Minang dan saat ini sedang berproses menjadi seorang blogger.

Related Posts

17 komentar

  1. Wah, makanan favorit orang tua di rumah nih
    Tapi di rumah biasanya nggak pakai kelapa muda parut yg disangrai
    Boleh dicoba nih resep ini, mumpung masih punya simpanan jengkol di frezer

    BalasHapus
  2. Belum pernah masak jengkol nih tp pernah makan, soal.y di kotaku susah banget dapet jengkol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampe sekarang belum nemu jengkol di pasar nih, siapa tau paksu mau dimasakin jd.y bisa coba" resep semur jengkol jg

      Hapus
  3. Duh, mbak dari penampilannya nampak enak, nih, semur jengkol nya, jadi pingin nyendok nasi ngebul ..hihi...

    BalasHapus
  4. dari semua resep mbaj, yang ini yang sepertinya kulewati untuk kucoba wkakakakaka, edisi satu keluarga gak pernah makan jengkol

    BalasHapus
  5. Pete aku biasa makannya meski ga rutin, tapi ga pernah banget makan semur jengkol haha. Khas betawi ya katanya

    BalasHapus
  6. Belum pernah masak jengkol nih mbak. Soalnya di kotaku, pete lebih murah dibanding jengkol. Bahkan ada penjual yang jual satuan jengkolnya. Jatohnya lumayan mihil untuk ukuran jengkol hehe. Jadi klo lagi pengen, beli yang sudah jadi secukupnya.

    Tapi lihat resep ini, jadi pengen coba masak sendiri.

    BalasHapus
  7. Kebayang harum aroma kelapa sangrai. Aku belum pernah bikin sendiri, Mbak..karena masa kecilku ga mengenal jengkol. Baru waktu ikut suami pernah tinggal di Sumatera Utara ku kenal jengkol ini...Lalu saat menetap di Jakarta, banyak ada semur jengkol dijual di warung makan.

    BalasHapus
  8. Terakhir makan semur jengkol tuh pas jaman masih SD, hehe.. Terlihat menggiurkan sih tapi masih berhalang karena aromanya, hehehe

    BalasHapus
  9. Jujur, aku belum pernah sama sekali makan semur jengkol. Ga suka sama baunya. Cuma dari resepnya bagian kelapa yang disangrai pasti bisa bikin aroma khas nih

    BalasHapus
  10. Hmm jadi membayangkan pengalaman Mbak memanen padi di sawah. Kenangan luar biasa ya, Mbak, pastinya. Di rumah gak ada yang doyan jengkol. Tapi pernah saya makan jengkol saat main ke rumah teman. Enak sih. Tapi habis itu kumur-kumur untuk hilangkan baunya.

    BalasHapus
  11. Hi3, saya baru-baru ini juga tertarik untuk cobain jengkol Mbak. Setelah sering dengar orang-orang bilang kalau jengkol itu sebenarnya rasanya enak banget, hanya memang aromanya yang agak mengganggu. Tapi setelah beneran mencoba, ternyata memang sesuai pendapat khalayak ramai hehehe. Makasi sharing resepnya ya Mbak.

    BalasHapus
  12. semur jengkol ini favorit ibu saya, tapi saya kurang suka dengan jengkol, petai, kemangi

    BalasHapus
  13. Sebenarnya, saya kurang suka jengkol, tapi teman-teman dekat banyak yang favorit sama makanan ini. Resep di atas bisa jadi rekomendasi untuk mereka.

    BalasHapus
  14. Wah iya, jengkol memang enak kalau dimasak dengan resep semur seperti ini

    BalasHapus
  15. Jadi ingat klo pas main ke rumah teman, dia penggemar jengkol tuh. Semur jengkolnya sama nih dengan masakan ini, berwarna gelap dan terlihat guriiihh sekali karena ada kelapa sangrainya.

    BalasHapus
  16. Semur jengkol oh semur jengkol, mungkin kalau ada yang masakin aku mau nyicip dikit deh. Pernah mbak beli jengkol lalu cara makannya pakai santan situ disini, pengin kan ya nyobain kaya apa rasanya, kok banyak orang suka itu. Lah....baru digigit pertama, udah langsung aku lepeh, huhuhu. Belum terbiasa pa ya lidah ini

    BalasHapus

Posting Komentar