Laporkan Penyalahgunaan

juwitajuwita.com

Semen Baturaja, Ciptakan Bangunan Kokoh dan Tahan Lamo

26 komentar

Semen Baturaja Ciptakan Bangunan Kokoh dan Tahan Lamo

Bicara bangunan yang kokoh dan tahan lamo saya secara tidak langsung jadi ingat Semen Baturaja. Hampir setiap pulang kampung ke Muaro Bungo Jambi di sepanjang Jalan Lintas Sumatera banyak sekali bertebaran tulisan Semen Baturaja.

Terutama di wilayah Lampung, Bengkulu, Palembang dan Jambi.

Sejak merantau ke Jakarta pada tahun 2009, setiap mudik lebaran saya selalu melewati daerah pemasaran utama perseroan milik pemerintah Republik Indonesia ini.  Meski bukan customers pada saat itu tapi gambar tiga gajah dengan tulisan berwarna merah sangat familiar  bagi saya pribadi.

Bahkan yang sangat diingat sekali sampai saat ini adalah tulisan "Semen Baturaja Kokoh dan Tahan Lamo. Sejak Tahun 1974".

Pengalaman Memperbaiki Bangunan  Rumah Berkali-Kali

Ya bicara bangunanhampir semua kita mendambakan bangunan yang kokoh dan tahan lama.Tapi pada prakteknya kita temukan banyak sekali pengalaman tidak menyenangkan saat membangun rumah.

Banyak cerita keluarga kami yang harus memperbaiki lantai yang melambung ke atas atau dinding yang retak tiba-tiba saat hendak di ketok paku beton. Hampir setiap tahun ada-ada saja urusan memperbaiki rumah kami.

semen Baturaja kokoh dan tahan lamo


Usut punya usut dan setelah kami teliti, penyebabnya adalah semen yang digunakan. Adukan semen tidak merata, komposisi semen dan campuran yang kurang pas dan kadang bapak saya menggunakan semen yang sudah menganggur selama 6 bulan lebih. Alhasil lantai sering melambung ke atas saat suhu udara terlalu panas. Bahkan saat mengetok paku dinding sering mengalami retak.

Beberapa kali dengan kasus yang sama kami teredukasi secara tidak langsung. Kami jadi paham betapa pentingnya memilih semen yang berkualitas sehingga menciptakan bangunan yang kokoh dan tahan lama.

Baca Juga: Tips Memilih Semen Berkualitas untuk Membangun Rumah

Baru Tahu, Ternyata Semen Baturaja Pilihan Terbaik Masyarakat Indonesia

Dengan masalah yang dihadapi berkali-kali tersebut, kemudian kami mencoba berkonsultasi dengan ahli bangunan dan beberapa toko bangunan di sekitar tempat tinggal kami. Mereka memberikan rekomendasi PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. Tapi memang produk ini belum banyak dijual di wilayah kami. Biasanya ada beberapa toko bangunan melakukan pemesanan terlebih dahulu jika ada yang ingin membeli.

Badan Usaha Milik Negara yang didirikan sejak 1974 dan berpusat di Baturaja Sumatera Selatan ini telah diakui  sebagai semen terbaik dan teruji untuk berbagai bangunan baik skala rumah tangga atau skala besar. Wow. Kok bisa ya?

Bahkan tahukah Semen yang berlokasi di Bumi Sriwijaya ini disebut-sebut rajanya Semen terutama di wilayah Sumatra Selatan, Lampung, Bengkulu dan Jambi. Tidak hanya itu kini sudah merambah berbagai wilayah Indonesia.


Alasan Pilih Semen Baturaja


Kenapa Pilih Semen Baturaja?

Bukan tanpa alasan Semen Baturaja kini jadi pilihan semua orang. Baik dari mulut ke mulut, sosial media, review berbagai kalangan mereka mengakui kualitas dari semen yang sudah berproduksi selama 48 tahun ini.

1. Memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI)

Tentu saja sebagai konsumen yang bijak, hal utama yang dipertimbangkan sebelum membeli produk adalah adanya label SNI. Label SNI sendiri adalah suatu uji standar produk yang berlaku secara nasional yang ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan dirumuskan oleh Panitia Teknis guna untuk mengukur mutu dan kualitas produk. Nah, dengan label ini produk kita sudah terjamin kualitas dan kuantitasnya.

Semen Baturaja sendiri telah melakukan Sertifikasi atas produk-produknya sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Produk-produk Semen Baturaja yang telah tersertifikasi SNI antara lain OPC Tipe 1, OPC Tipe 2, OPC Tipe 5 dan PCC.

Pada tanggal 18-24 Februari 2020, Semen Baturaja bekerja sama dengan Balai Riset dan Standardisasi Industri Palembang melaksanakan Audit Survailen Sertifikasi Produk Penggunaan Tanda Standar Nasional Indonesia (SPPT SNI).


Wah, keren ya perseroan yang berpusat di Palembang ini. Jadi tenang deh menggunakan produk mereka. Semoga PT Semen Baturaja Tbk selalu terdepan dalam Industri Semen di Indonesia dan memberikan kepuasan bagi masyarakat.

2. Tersedia Berbagai Varian Produk Semen Sesuai Kebutuhan

Ini nih yang menjadikan Semen Baturaja berbeda dengan semen lainnya. Mereka memproduksi berbagai jenis sesuai kebutuhan. Hingga September 2022 ini ada 5 produk yang telah diluncurkan oleh Semen Baturaja.



Pertama: Portland Composite Cement (PCC)

Portland Composite Cement (PCC) merupakan salah satu jenis produk Semen Baturaja yang memenuhi kriteria SNI 7064 : 2014 dan dapat direkomendasikan untuk keperluan bangunan konstruksi pada umumnya.

PCC mempunyai keunggulan karena memiliki panas hidrasi lebih rendah sehingga akan lebih mudah dalam proses pengerjaan dan dapat menghasilkan permukaan beton serta plester yang lebih rapat dan halus. PCC juga memiliki daya rekat yang kuat, kedap air dan kekuatan tekan yang baik.

PCC tersedia dalam kemasan zak 50 kilogram, bigbag 1000 kilogram dan curah. PCC biasanya diaplikasikan pada bangunan konstruksi pada umumnya seperti bangunan perumahan, gedung bertingkat, jembatan, batako, paving block.


Kedua: Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe I

Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe I merupakan salah satu jenis produk Semen Baturaja yang memenuhi kriteria SNI 2049 : 2015 dan dapat direkomendasikan untuk keperluan bangunan konstruksi pada umumnya untuk semua mutu beton dimana syarat-syarat khusus tidak diperlukan.

OPC Tipe I mempunyai keunggulan karena cepat kering, memiliki daya rekat yang kuat, hasil adukan yang tidak mudah retak dan kekuatan tekan yang baik.

OPC Tipe I tersedia dalam kemasan zak 50 kilogram, bigbag 1000 kilogram dan curah. OPC Tipe I biasanya diaplikasikan pada struktur jembatan, jalan beton, komponen bangunan bertingkat seperti panel beton, tiang pancang, landasan pacu pesawat udara.


Ketiga: Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe II

Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe II merupakan salah satu jenis produk Semen Baturaja yang memenuhi kriteria SNI 2049 : 2015 dan dapat direkomendasikan untuk keperluan bangunan konstruksi yang memerlukan ketahanan terhadap kandungan asam sulfat sedang (0.10 – 0.20%) & panas hidrasi bersifat sedang “Medium Resistance”.

OPC Tipe II tersedia dalam kemasan bigbag 1000 kilogram dan curah. OPC Tipe II biasanya diaplikasikan pada bangunan yang letaknya di pinggir laut, tanah rawa, dermaga, saluran irigasi dan bendungan.

Keempat: Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe V

Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe V merupakan salah satu jenis produk Semen Baturaja yang memenuhi kriteria SNI 2049 : 2015 dan dapat direkomendasikan untuk keperluan bangunan konstruksi yang memerlukan ketahanan terhadap kandungan asam sulfat tinggi (lebih dari 0.20%) & panas hidrasi bersifat tinggi “Ultra Resistance”.

OPC Tipe V tersedia dalam kemasan bigbag 1000 kilogram dan curah. OPC Tipe V biasanya diaplikasikan pada bangunan konstruksi di bawah air, pelabuhan, terowongan, kawasan tambang, bangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan project geothermal.

Kelima: Baturaja Mortar

Semen Mortar atau yang lebih dikenal dengan Baturaja Mortar merupakan jenis produk semen
instan milik Perseroan yang diformulasikan dengan fungsi dan kegunaan spesifik. Penggunaan Baturaja Mortar sangat mudah karena penggunaannya tidak perlu penambahan material lain, tapi dapat langsung diaplikasikan hanya dengan menambahkan air secukupnya.


Semen instan ini dapat menjadi bahan bangunan alternatif pengganti adukan semen-pasir konvensional. Kelebihan dari penggunaan mortar yaitu aplikasi lebih tipis, sehingga lebih hemat pemakaian, serta menggunakan aditif khusus untuk meningkatkan kualitas. 

Baturaja Mortar memiliki banyak keunggulan karena lebih praktis, berkualitas dan efisien. Produk ini terdiri dari 5 (lima) varian: perekat keramik, pasangan bata dan plesteran, pasangan bata ringan, acian abu-abu dan acian putih yang tersedia dalam kemasan zak 40 kilogram dan 25 kilogram.


3. Hasil Kokoh dan Tahan Lamo

Terbukti, 48 tahun hadir sebagai salah satu produsen semen dan telah jadi primadona di beberapa wilayah terutama bagian Selatan Sumatera. Semua mengakui kualitasnya. Banyak review yang mengakui kualitas dari Semen Baturaja ini.



rahasia semen Baturaja Kokoh dan Tahan Lamo


Diantara keunggulan dari Semen Baturaja sehingga kokoh dan tahan lama adalah proses aplikasi sangat mudah, hasil plester rapat dan halus, daya rekat kuat, kedap air dan kekuatan tekan yang baik

4. Mudah Didapatkan

Bagi masyarakat Sumatera Selatan, Lampung, Jambi dan Bengkulu. Sangat mudah menemukan produk ini. Baik secara offline maupun online.

Produk ini sudah tersebar di seluruh Toko Bangunan terdekat dan juga sudah ada di Official Store Tokopedia.

Sumber:  Instagram @marketing_semenbaturaja


Baca Juga: Mengenal PT Semen Baturaja Tbk

Yuk Beralih ke Semen Baturaja

Wow, tak kenal maka tak sayang setelah kenal disayang-sayang. Kalimat ini sangat tepat untuk semen milik negara ini. Visi  mereka untuk menjadi "Green Cement Based Building Material Company terdepan di Indonesia" perlahan mulai dibuktikan dengan kerja nyata.

Terbukti produk mereka diminati masyarakat untuk berbagai jenis konstruksi baik bangunan skala besar maupun kecil. 

Saya juga sangat merekomendasikannya untuk keluarga saya agar bangunan rumah kami lebih kokoh dan tahan lamo.

Rumah kami juga tidak harus diperbaiki setiap tahun karena dinding retak berkali-kali atau keramik yang melambung akibat semen yang tidak berkualitas.

Satu lagi hal yang menarik adalah mereka menghadirkan produk semen yang ramah lingkungan. Wah hebat sekali ya. Bukan sekedar mimpi tapi mereka wujudkan dalam produk-produk terbaik persembahan PT Semen Baturaja Tbk.

Kalau tidak percaya bisa cek di website mereka atau akun Instagram mereka @pt.semenbaturaja @marketing_semenbaturaja. Setiap hari kita akan teredukasi dengan konten mereka.

Jalan-Jalan ke Jembatan Ampera
Singgah Sebentar di Sungai Musi
Kalau Mau Bangun Rumah Bak Istana
Pakai Semen-nya Ya Semen Baturaja
Agar Kokoh dan Tahan Lamo Sepanjang Masa

Yuk beralih sekarang juga!

Referensi:
https://semenbaturaja.co.id

Juwita
Nama Lengkap saya Juwita Fajar Hari. Hampir familiar dengan nama Juwita. Saya seorang Full Ibu Rumah Tangga yang hingga 2022 masih diamanahi 4 orang anak. Saya perempuan berdarah Minang dan saat ini sedang berproses menjadi seorang blogger.

Related Posts

26 komentar

  1. Wah, kebetulan nih, bisa saya rekomendasikan ke Om saya yang sedang bingung cari semen bagus dan berkualitas untuk memperbaiki lantai dua rumahnya yang rusak karena keramik melambung dan pecah

    BalasHapus
  2. Nah iya semen merupakan salah satu bahan krusial untuk sebuah bangunan. Terima kasih untuk rekomendasinya Mbak.

    BalasHapus
  3. Saya baru tahu nih kalau Semen Baturaja itu BUMN yang sudah ada sejak 1974 dan berpusat di Baturaja Sumatera Selatan. Memang ternama sebagai sebagai semen terbaik dan teruji untuk berbagai bangunan baik skala rumah tangga atau skala besar ini.

    BalasHapus
  4. Parah kalau bikin rumah pakai semen yang asal²an ya, Mbak. Bisa jadi dua kali kerja donk. Bongkar lagi, semen lagi. Masa iya mau gitu sih? Beaya membengkak tentu saja.

    Pastikan pakai semen yang bermutu untuk membangun rumah agar tidak bolak balik nyemennya, Aye!

    BalasHapus
  5. baru tau dengan semen ini mbak, taunya tiga roda, semen gresik, dan ternyata sudah lama juga ya semen ini, menarik ulasannya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kan orang sumatera jadi familiar dengan Baturaja..

      Hapus
    2. gegara mbak juwi, aku jadi kepo cari cari merek semen hahaha, saking penasarannya. Tapi ternyata merek semen banyak ya mbak, kurang jauh mainku

      Hapus
  6. Kokohnya bangunan memang bagian dari tanggungjawab kontraktor saat membangun sebuah bangunan ya.. Dengan menggunakan campuran yang tepat dan semen terbaik, Semen Baturaja akan membuat bangunan akan tahan lebih lama dan kokoh berdiri.

    BalasHapus
  7. Banyak inovasinya ya semen Baturaja ini. Sekarang ini juga banyak bermunculan produk semen selain semen yang dulu paling terkenal di Indonesia. Jadi variatif produknya

    BalasHapus
  8. Semen Baturaja adalah pilihan terbaik ya mbak
    Sangat kokoh dan tahan lama
    Sangat recommended untuk bangunan

    BalasHapus
  9. Wah, kalo bahas semen ini bakal jadi urusan si bapake anak2 nih mba. Sepertinya bisa jadi referensi saat kami mau renov rumah nanti.

    BalasHapus
  10. Atap depan rumah masih juga bocor pdhl sudah ditambal berkali-kali. Bisa jd rekomendasi nij ke suami

    BalasHapus
  11. manisnya pantunnya mbak, saya pernah punya pengalaman buruk dengan semen gara-gara pengembang yang tidak bertanggung jawab, selain jumlah semen dikurangi, smeen yang dipakai juga kualitasnya asal, hasilnya banyak dinding yang mengelupas, akhirnya bongkar semua deh dindingnya

    BalasHapus
  12. Saya baru tau loh kalau semen baturaja ini semen yg termasuk BUMN, taunya semen T dan semen G, semen ini bagian dari semen indonesia ya?

    BalasHapus
  13. Saya baru tahu kalau semen Batu Raja ini cukup banyak Variannya. Denger-denger sih katanya kalau pakai semen ini cukup kuat buat bangunan. Rekomended kalau gitu

    BalasHapus
  14. Saya yg tinggal di Jogja masih asing sih dengan merek semen ini.. Mungkin karna jarang bangun rumah jg ya.. Hehee,,
    Btw, itu semennya ada yg kemasan model bag gitu ya? Keren juga tuh buat packagingnya..

    BalasHapus
  15. Semen Baturaja adalah pilihan terbaik untuk bangunan ya mbak
    Membuat bangunan berdiri kokoh dan tahan lamo

    BalasHapus
  16. Semen Baturaja emang keren. Kualitas nomer satu, harganya juga terjangkau dan bisa diakses pembeliannya lewat e-commerce juga, inovatif.

    BalasHapus
  17. Beda kebutuhan, beda juga tipe semennya ya agar bangunan tetep kokoh. Mana asik ini semen bisa dipesen online lewat e-commerce. Makin gampang deh pugar rumah

    BalasHapus
  18. wih varian produknya lengkap ya. yang awam tentunya hanya tahu semen aja tanpa tau varian lainnya. Memang makin canggih juga sekarang pesen semen bisa via online. Makin memudahkan

    BalasHapus
  19. Ciamiikk bgt ini semennya.
    Selalu ada inovasi terbaik utk konsumen.
    Mantab banget

    BalasHapus
  20. Tak heran kualitasnya memang sudah ternama, Semen Baturaja, BUMN yang ada sejak 1974 di Baturaja Sumatera Selatan ini telah teruji jadi yang terbaik untuk berbagai bangunan baik skala rumah tangga atau skala besar.

    BalasHapus
  21. Wah ternyata semen yang dibiarkan lama baru dipakai, tidak bagus juga digunakan untuk pembangunan rumah ya.

    BalasHapus
  22. semen baturaja ini kayaknya belum ada di kotaku, mbak. mungkin karena berasal dari sumatra ya semennya. memang sih kalau untuk bangunan beton semen itu termasuk faktor yang sangat mempengaruhi kekuatan betonnya

    BalasHapus
  23. Memang kalau sedang membangun rumah itu kudu banget diawasi bener-bener yaa... Gak hanya merk dari semennya tapi juga campurannya sehingga saat memakainya pun bisa memperpanjang usia bangunan karena awet dan tahan lama menggunakan semen pilihan anak bangsa, Semen Baturaja.

    BalasHapus
  24. Semen baturaja semennya orang indonesia, diriku baru dengar juga. Sepertinya ini ada di wilayah luar jawa ya.

    BalasHapus

Posting Komentar