Laporkan Penyalahgunaan

juwitajuwita.com

Review Silondo Bermula dan DeFAST, Solusi Urus Dokumen Kependudukan Cepat dan Terpercaya di Depok

13 komentar

Silondo Bermula dan DeFast

Layanan Silondo Bermula dan DeFast seakan mematahkan semua persepsi salah saya tentang pengurusan dokumen yang ribet, lama dan berbelit-belit di Kota Depok.

Apalagi banyak warga enggan (saya salah satunya) mengurus dokumen kependudukan karena alasan tersebut.

Tapi jujurly kini saya ingin jadi salah satu, relawan terdepan yang akan mengedukasi warga Depok untuk beralih ke layanan Silondo Bermula dan DeFast. Wah, bahasanya terlalu tinggi maafkan ya.

Ini semua karena merasakan langsung manfaat dari inovasi layanan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Depok (Disdukcapil Depok).

Pengalaman Urus Dokumen Sebelum Tahu Silondo Bermula dan DeFast?

Tahukah, sejak menikah dengan warga Depok dan harus ganti KTP dan urus Kartu Keluarga. Saya tidak pernah mengurus. Semua diurus pihak RT saja tinggal bayar beberapa lembar uang 50 ribuan.

Begitu juga urus Akta Kelahiran anak pertama, kedua dan ketiga. Semua lewat orang saja. (Maafkan karena waktu pak su yang tidak ada untuk urus-urus langsung ke lokasi).

Sampailah di anak ke-4 (2020), tetap orang lain yang urus tapi masih keluarga dan ternyata tak ada bayaran sama sekali alias free. Wah, benarkah free. Kok sebelumnya bayar ya?

Salah sendiri tak kenal maka tak sayang. Kenalan dulu baru disayang-sayang. (Eh salah ya). Sebenarnya ini semua karena kurangnya informasi dan malas mencari informasi Akhirnya dicurangi.

Tapi karena tidak ada waktu yang banyak juga cari informasi. Semua permasalahan tersebut seperti terkubur begitu saja. Hingga akhirnya pada Agustus 2022 lalu saat akan verifikasi akun karena suatu keperluan ditolak. Akibat foto KTP saya buram dan tidak terbaca. Mau tidak mau harus ganti.

Dengar informasi tak bertuan sekarang butuh waktu lama urus KTP. Tapi mau ke kelurahan malas. Akhirnya saya buka Instagram dengan hastag #urusKTPRusakDepok. Asli keluar banyak sekali informasi yang diunggah oleh @disdukcapildepok.

Wow, banyak sekali info yang selama ini tidak saya ketahui ternyata saya tidak update selama ini. Padahal banyak sekali inovasi-inovasi yang dilakukan oleh pemerintah Depok ya. Begitu juga dengan Disdukcapil.

Diantaranya Silondo Bermula dan De Fast ini Produk Layanan bidang pendaftaran penduduk.

Silondo Bermula dan DeFast, Apaan Sih?

Sistem Layanan Online Dukcapil Depok atau Silondo Bermula merupakan layanan yang diluncurkan oleh Disdukcapil Depok dalam memberikan kemudahan kepada warga Depok yang akan mengurus dokumen kependudukan mereka. 

Kenal dengan layanan De Fast saat membuka Instagram dengan hastag #Depok. Saat itu di akun Instagram @disdukcapildepok sedang mengunggah foto peluncuran Gerai De Fast di komplek Balai Kota Depok.

De Fast sendiri merupakan layanan pengambilan dokumen kependudukan secara cepat (drive thru). Gerai pertama yang diresmikan pada Jumat, 16 September 2022 berlokasi di samping Gedung Perpustakaan Kota Depok.

Dokumen pendudukan yang bisa diambil di De Fast seperti KTP elektronik, Kartu Identitas Anak (KIA) dan juga melayani cetak cepat KTP elektronik yang hilang dengan syarat surat keterangan dari kepolisian.

Kegunaan dari De Fast :

1. Warga tidak perlu datang ke Dinas Dukcapil yang berada di Gd.Dibaleka 2

2. Warga tidak perlu memarkirkan kendaraannya, tapi bisa langsung dapat ambil KIA/KTP/Biodata Penduduk di De Fast, layaknya Drive Thru.

3. Bagi warga yang akan aktifkan ID Digital dapat dilakukan di De Fast.

DeFAST : Layanan Pengambilan Dokumen Kependudukan Cepat (Drive Thru)

Cara Bisa Dilayani De Fast

Warga Depok bisa mengambil dokumen tersebut jika sudah melakukan pelayanan online terlebih dahulu pada Sistem Layanan Online Dukcapil Depok atau SILONDO BERMULA  atau melalui website disdukcapil depok https://disdukcapil.depok.go.id/Home/silondo. Kemudian juga bisa diakses di nomer WhatsApp 0811-90-3276.

Kemudian pilih tempat pengambilannya di De Fast.

Berikut Link Layanan Silondo Bermula Lengkap:

Permohonan AKTA KELAHIRAN (usia kurang 60 hari), link: https://s.id/AKLBaru

Permohonan AKTA KELAHIRAN (usia lebih 60 hari), link: https://s.id/AKLBaruTerlambat

Permohonan PERBAIKAN AKTA KELAHIRAN, link: https://s.id/ALPerbaikan

Permohonan AKTA KEMATIAN, link: https://s.id/AKKematian

Permohonan AKTA PERKAWINAN, link: https://s.id/AKPerkawinan

Permohonan AKTA PERCERAIAN, link: https://s.id/AKPerceraian

Permohonan Pendaftaran Penduduk :

Permohonan Cetak Ulang KTP EL,. Link pendaftaran : https://s.id/FotoKTP-el

Permohonan Cetak Kartu Identitas Anak (KIA), link : https://s.id/FormKIA

Permohonan Ganti Foto/TTD KTP El,. Link : https://s.id/FotoKTP-el

Permohonan PINDAH KELUAR, link : https://s.id/SKPKeluar

Permohonan PINDAH DATANG, link : https://s.id/SKPDatang

Permohonan Layanan Dokumen WNA, link : https://s.id/SKTTWNA

Cara Menggunakan Layanan Silondo:

1. Silahkan Salin link layanan dibutuhkan pada web browser

2. Klik untuk masuk pada form layanan Silondo Bermula sesuai menu yang dipilih.

3. Siapkan dan foto dokumen asli sesuai persyaratan lalu upload pada kolom yang sudah disediakan.

4. Isi semua form secara lengkap dan kirim.

5. Tunggu SD Silondo Bermula mengirimkan resi pendaftaran by WA. Isi no WA secara benar pada Form dan tunggu SD admin layanan akan hubungi kita by WA mengirimkan dokumen kita butuhkan by PDF.

6. Baca teliti setiap info yang disampaikan.

Layanan Pemutakhiran KK Belum Dilayani Secara Online

Nah, meski inovasi ini sangat memudahkan yang perlu diperhatikan oleh warga Depok adalah untuk layanan pemutakhiran Kartu Keluarga  belum bisa dilayani secara online

Untuk pelayanan Kartu Keluarga belum bisa dilakukan secara online. Tapi warga Depok bisa langsung datang ke Dukcapil di Kelurahan setempat untuk melakukan pemutakhiran KK dengan membawa dokumen pendukung seperti buku nikah, ijazah terakhir, surat keterangan golongan darah dan lainnya.

Review Layanan, Benar-Benar Fast Cepat dan Terpercaya

Nah, setelah saya tahu tentang De Fast dan caranya. Saya langsung praktikkan dengan klik layanan Permohonan Cetak Ulang KTP El sekaligus mengurus KIA anak-anak saya. Kemudian saya diarahkan untuk mengisi form dengan data dan dokumen yang lengkap.

Setelah itu saya mendapatkan pesan WA untuk menunggu informasi selanjutnya. Taraa... hanya dalam 4 hari saya mendapatkan informasi balasan. KTP El saya dan KIA anak saya sudah bisa dijemput.

Saya diminta untuk menjemput ke Gedung Dibaleka II Gedung Disdukcapil Lantai 2 di Jl Margonda Raya No 54 Depok. (Waktu itu Gerai DeFast belum dilaunching).

Tapi Qodarullah saya punya keterbatasan untuk keluar rumah. Beberapa kali saya mengganti jadwal pengambilan. Karena layanan DeFast hanya buka Senin-Jumat dari pukul 08.30 hingga 14.00 WIB. Sementara pak su hanya bisa di weekend akhirnya selalu tertunda.

Review Layanan Silondo Bermula dan DeFast
Suasana DeFAST saat kita akan mengambil KTP dan KIA (Dok: Pribadi)

Sampai akhirnya pak su libur di hari biasa. Kita langsung deh meluncur menuju DeFast. Tidak perlu waktu lama. Alhamdulillah saat itu tidak begitu banyak warga Depok yang mengantri.

Sesampai disana, saya langsung memberikan bukti pesan WhatsApp, dokumen yang harus dibawa dan KTP rusak.  Dalam waktu 10  menit menunggu untuk petugas mencari kartu saya dan anak-anak.


Kemudian petugas meminta saya mencek ulang data dan selesai. "Wow, amazing" ungkap saya. Cepat dan tidak ribet. No Calo dan No Pungli.

Saya benar-benar salut dengan inovasi dari Disdukcapil Depok ini. Semua asumsi saya tanpa informasi valid selama ini terpatahkan oleh layanan yang saya rasakan sendiri.

So, bagi warga Depok yang ingin mengurus dokumen kependudukan terkait KTP, KIA, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perceraian, Surat Pindah atau lainnya bisa hanya dari rumah lho.
.
Klik tautan di Silondo Bermula, pilih, isi data lengkap, tunggu pesan WhatsApp dan siap menunggu kabar hanya dari rumah.

Semoga review saya tentang Layanan Silondo Bermula dan De Fast bisa bermanfaat ya. Nggak percaya? Silahkan buktikan sendiri cepat dan terpercayanya layanan dari Pemerintah Kota Depok ini. Bangga jadi warga Depok.

Oh ya sampai lupa kalau ingin tahu tentang info terupdate dari Disdukcapil bisa pantau di akun instagramnya ya @disdukcapildepok. Begitu juga jika menemukan kendala dalam mengakses Silondo Bermula bisa langsung DM. Insyaallah Fast respon kok.

[]

    

Juwita
Nama Lengkap saya Juwita Fajar Hari. Hampir familiar dengan nama Juwita. Saya seorang Full Ibu Rumah Tangga yang hingga 2022 masih diamanahi 4 orang anak. Saya perempuan berdarah Minang dan saat ini sedang berproses menjadi seorang blogger.

Related Posts

13 komentar

  1. Sekarang sudah serba Dukcapil ya, Mbak, di kota saya juga begitu. Bebas biaya nggak kayak dulu. Ketemu orang, harus merogoh kantong. Hehehe.

    BalasHapus
  2. Sama banget pengalaman mbak juwita dengan saya, kalau saya dari anak pertama hingga ketiga semuanya minta tolong sama orang aja lalu kasih uang 50 ribu beberapa lembar, soalnya memang bayangannya pasti antri and the ribet polllllllll, hahaha. Eeeh baca artikel ini jadi penasaran apakah dikotaku sudah sedemikian rupa ya *berharap

    BalasHapus
  3. Tiap mau urus terkait dokumen, bawaannya mau suuzon karena birokrasi ribet dan fotkopi ini itu. Baru tahu Depok punya Silondo ya, bisa sat set sat set ga ngabisin waktu

    BalasHapus
  4. Wohooo keren sangat.
    Ini bener2 memudahkan warga ya.
    No ribet ribet club.
    Mantaabbb

    BalasHapus
  5. Keren nih Depok! Semoga segera ditiru kota-kota lain termasuk Surabaya agar aku yang hobi mager bisa tetap urus dokumen dari rumah

    BalasHapus
  6. Masyaa Allah kalau di seluruh indonesia ad giniannya soal.y klau ke dukcapil ya Allah sesak banget trus lama jg urusannya

    BalasHapus
  7. wah membantu banget ini ya mbak kalau sistemnya online kayak gini nggak perlu repot lagi ke kantornya. aku belum bikin KIA buat anakku sih semoga aja di daerahku juga ada sistem online kayak gini jadinya lebih mudah bikinnya

    BalasHapus
  8. Wah luar biasa. Semua serba cepat dan mudah. Pelayanan publik memang harusnya begini. Alhamdulillah di Bogor juga sudah ada layanan Drive thru di Dukcapil

    BalasHapus
  9. waaah ma syaa Allah ini berarti udah seluruh indonesia ya mbak? karena lumayan membantu banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk seluruh Indonesia saya belum tahu.. tapi setahu saya ini inovasi dukcapil Depok aja

      Hapus
  10. Betul sekali mbak sekarang segala sesuatunya serba dimudahkan ya urusan begini jadi serba gampang

    BalasHapus
  11. Wah, alhamdulillah banget yaah.. ada layanan pemerintah yang gercep dan pastinya jadi sangat membantu sekali karena gak perlu datang langsung ke disdukcapil. Cukup menggunakan Silondo Bermula dan DeFast.

    BalasHapus
  12. Jakarta dah dari kapan gratis juga, tapi saya belum coba karena ga ada perlu ngurus apapun hihi..Senangnya Depok pun nyusul, jadi solusi urus dokumen cepat tepercaya ini.

    BalasHapus

Posting Komentar