Laporkan Penyalahgunaan

juwitajuwita.com

Cara Urus Surat Keterangan Sehat di Puskesmas Depok dari Cara hingga Biaya

Posting Komentar

puskesmas-tugu-cimanggis-depok

Warga Depok yang lagi butuh informasi terkait pengurusan Surat Keterangan Sehat untuk berbagai keperluan bisa nih baca pengalaman saya. 

Sebenarnya sangat mudah bagi mengurus dokumen ini. Biasanya di klinik tinggal datang ke administrasi langsung dapat surat dengan harga bervariasi mulai 30 ribu hingga 50 ribu. Tergantung kebijakan klinik atau rumah sakit. 

Berhubung ingin mencari biaya yang lebih murah untuk keperluan masuk sekolah anak saya. Saya coba searching dan ternyata di Puskesmas di wilayah Depok untuk pengurusan dokumen tersebut sangat murah. 

Prosedur Pengurusan Surat Keterangan Sehat di Puskesmas Tugu Depok

Kali ini saya akan cerita pengalaman mengurus dokumen kesehatan anak saya untuk syarat masuk SD. Berhubung saya tinggal di Depok, saya mengurus di Puskesmas Tugu Cimanggis Depok. 

Awalnya saya pikir cukup dengan datang tanpa perlu antri ternyata harus sesuai nomer antrian, menunggu dan dipanggil dokter untuk diperiksa. Ini yang membedakan dengan di klinik barangkali. Tidak perlu mengantri.

Berikut prosedur yang kita lalui.

1. Screening

Tempat Screening sebelum pendaftaran (Dok: Pribadi) 

Pertama sebelum masuk dan mendapatkan nomer antrian. Kita akan ditanya petugas mengenai keperluan kita ke puskesmas. Jika kita anggota baru maka kita akan diminta mengisi data diri. 

Kita juga ditanya sedang demam, batuk atau pilek. Jika lolos screening kita akan diberikan nomer antrian sesuai keperluan. 

2. Proses Pendaftaran

Meja pendaftaran (dok: pribadi)

Saya diarahkan ke meja pendaftaran untuk menunggu proses input data dan pembayaran. Berhubung anak saya belum punya kartu puskesmas kita dibikinkan dulu. 

Jadi saat itu tanggal 12 November 2022 kebijakan puskesmas untuk mengurus surat keterangan sehat dikenakan biaya Rp. 10 ribu rupiah dan anggota baru non BPJS faskes Puskesmas Tugu Cimanggis dikenakan biaya Rp. 2.000. 

Sementara untuk yang memiliki BPJS Faskes Tugu tidak dikenakan biaya anggota baru. Cukup bayar Rp. 10.000 untuk pengurusan surat keterangan sehat.

3. Menunggu Pemeriksaan oleh Perawat

Setelah pendaftaran perawat memeriksa suhu, berat badan dan suhu (Dok Pribadi)

Kami menunggu dipanggil oleh perawat untuk pemeriksaan suhu, berat badan dan tinggi badan. Setelah dipanggil, kita menunggu lagi untuk proses terakhir dipanggil dokter. Menunggu kira-kira 30 menit lah. 

4. Ke ruangan dokter

Akhirnya setelah menunggu, anak saya diperiksa oleh dokter umum. Beliau ambil kertas surat keterangan sehat kemudian mengisi data-data yang diperlukan. 

Setelah itu juga memeriksa apakah anak saya buta warna. Alhamdulillah tidak.  

Setelah itu dokter mengeluarkan satu lembar surat keterangan sehat. Proses selesai. 

Biaya urus surat keterangan sehat di Puskesmas Wilayah Depok Rp. 10.000 dan jik kita pasien baru maka dikenakan lagi biaya 2 ribu. Tapi untuk pasien yang memiliki BPJS Puskesmas tidak dikenakan biaya pendaftaran baru. 

Pengalaman Urus Dokumen Kesehatan

Jadi bagi warga Depok yang ingin mengurus dokumen kesehatan untuk berbagai keperluan bisa datang ke Puskesmas terdekat di tempat tinggal. 

Jika tidak mau mengantri lama bisa mendaftar secara online. Jika mau daftar langsung bisa datang lebih pagi, agar tidak terlalu lama antri. 

Biaya juga sangat murah dibandingkan di klinik. Tapi hanya butuh kesabaran untuk mengantri jika pasien Puskemas banyak. 

Penampakan UPTD Puskesmas Tugu Cimanggis Depok



Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskemas Tugu berlokasi di Jl. Komjen Pol. M. Jasin No. 71 Kel. Tugu Kec. Cimanggis Kota Depok 16451. Lokasinya sangat strategis di pinggir jalan. 


Tempatnya juga sangat nyaman dan teratur. Bersih dan pelayanan juga bagus. Saat memasuki bangunan bercat hijau berlantai dua ini cukup luas. Ada mesin antri dan semua diatur sesuai keperluan kita. 

Layanan di UPTD Puskemas Tugu adalah

1.  Pelayanan laboratorium

2. Pelayanan farmasi

3. Pelayanan Tindakan dan kegawatdaruratan

4. Konseling PKPR (Program kesehatan peduli remaja)

5. Pelayanan kesehatan lingkungan, 

6. Promkes konseling

7. Konseling gizi

8. Pelayanan imunisasi

9. Pelayanan ibu hamil

10. Pelayanan VCT

11. Pelayanan TB Paru dan Kusta

12. Pelayanan gigi dan mulut

13. Pelayanan lansia 

14. Pelayanan umum

15. Pendaftaran dan rekam medik

Jadi tidak ada masalah mengurus dimanapun. Ada plus minusnya. Sesuai dengan keperluan dan kondisi kita saja. Sekian cerita pengalaman saya mengurus surat keterangan sehat di Puskesmas Tugu Cimanggis Depok.  Semoga bermanfaat untuk yang sedang mencari informasi. 

Nah bagi warga Depok terutama wilayah Tugu Cimanggis untuk pertanyaan tentang banyak hal selain Urus Surat Keterangan Sehat bisa langsung ke portal UPTD Puskemas Tugu  atau DM ke @pkm_tugu 

Semoga informasinya bermanfaat. 

 

Juwita
Nama Lengkap saya Juwita Fajar Hari. Hampir familiar dengan nama Juwita. Saya seorang Full Ibu Rumah Tangga yang hingga 2022 masih diamanahi 4 orang anak. Saya perempuan berdarah Minang dan saat ini sedang berproses menjadi seorang blogger.

Related Posts

Posting Komentar