Laporkan Penyalahgunaan

juwitajuwita.com

Rahasia Mendapatkan Ide Tulisan Blog dengan Mudah

Posting Komentar
Blogging


Wah sahabat Blogger, banyak sekali motivasi seseorang menulis di blog mulai dari healing hingga sumber cuan. Apapun itu jika kita sudah memilih fokus pada blog, sebaiknya kita merutinkan blogpost setiap hari. 

Tapi realita tak semudah konsep, harus ada komitmen dan kesungguhan untuk merealisasikannya. Bahkan bagi Blogger pemula sangat sulit mencari ide jika harus menulis setiap harinya.

Dari beberapa bulan pengalaman saya nge-blog yang jujurly masih ikhtiar untuk konsisten menulis setiap hari. Ada 5 rahasia  untuk mendapatkan ide menulis dengan mudah yang bisa kita terapkan sehari-hari. 

Rahasia Mendapatkan Ide Menulis dengan Mudah

Komitmen dengan Jadwal Harian Sesuai Tema

Saya pribadi menemukan cara mudah memaksa kita menulis dengan membuat jadwal tema yang akan kita tulis setiap harinya. Tulislah tema apa saja yang kita punya kemudian kita bagi satu tema satu hari atau bisa juga dua tema satu hari. Sesuaikan saja dengan kemampuan kita. 

Jika jadwal sudah dibuat hal selanjutnya adalah komitmen dengan Jadwal tersebut. Kalau bisa berikan reward dan punishment terhadap capaian kita setiap bulannya. 

Blogwalking

Blogwalking juga memaksa kita untuk menulis setiap waktu. Dengan kita mengunjungi dan membaca tulisan-tulisan Blogger lainnya secara tidak langsung kita akan menemukan banyak ide tulisan versi kita.

Misal saat teman blogger menulis tentang manajemen keuangan ibu rumah tangga. Kita juga bisa menulis ide yang sama tapi dari sudut pandang kita. 

Pengalaman Sehari-hari Kita dan Orang Lain

Ide akan datang sendiri jika kita membiasakan diri untuk menyelami pengalaman sehari-hari. Jika kita sudah terbiasa meresapi maka banyak sekali ide yang berdatangan.

Tak terkecuali bagi ibu rumah tangga biasa yang aktifitas lebih banyak di rumah-pun, bisa mendapatkan banyak ide.

Mulai dari aktifitas memasak, recook resep, manajemen keuangan, mengatur menu makanan keluarga setiap hari, travelling bareng keluarga, pola pengasuhan anak dan banyak lagi ide-ide akan datang dengan sendirinya.

Seorang blogger dituntut peka pada pengalaman sehari-hari baik yang dirinya alami maupun pengalaman hidup orang lain. Jika kita mendapati kisah-kisah menginpirasi dari orang lain baik teman, keluarga, sahabat atau siapapun, kita bisa menjadikannya ide tulisan. 

Kalau saya biasanya jika menemukan sebuah ide langsung saya tulis sesuai tema. 

Membiasakan menulis ide pengalaman sehari-hari akan membuat kita memiliki banyak ide tulisan setiap harinya bahkan melimpah. Coba deh!

Ikut Berbagai Event

Cara mudah mendapatkan ide menulis berikutnya adalah mengikuti berbagai event offline maupun online. Pastikan sesuai Niche blog kita ya. 

Dari berbagai acara tersebut kita bakal menemukan banyak ide tulisan. Tulislah acara tersebut versi kita. 

Berita Viral di Sosial Media 

Biasanya banyak sekali berita Viral dan jadi trending topik di sosial media setiap harinya. Ini bisa jadi ide tulisan lho. Kita bisa menulis sudut pandang kita dari sebuah berita Viral di Sosial media. 

Misal yang sedang trending tentang Gempa Cianjur. Nah kita bisa mendapatkan ide tulisan mengenal lokasi pusat gempa, makanan khas Cianjur, healing penyintas pasca gempa, gempa dari sisi keimanan dan banyak lagi. 

Baca Buku 

Bagi saya pribadi dengan membaca buku kita bisa menemukan banyak sekali ide tulisan. Kita bisa menulis resensi dari buku yang kita baca, poin-poin penting, isi buku dan hal menarik lainnya. 

Itulah beberapa rahasia yang bisa diterapkan blogger pemula. Jangan lupa catat ide-ide tersebut dan langsung menulis semua jadwal. Insya Allah jika dibiasakan akan jadi kebiasaan dan ide dengan mudah ditemukan. 

Bagaimana dengan sahabat Blogger lainnya? Cerita dong di kolom komentar rahasia mendapatkan ide tulisan dengan mudah tanpa ritual. 


[]


Juwita
Nama Lengkap saya Juwita Fajar Hari. Hampir familiar dengan nama Juwita. Saya seorang Full Ibu Rumah Tangga yang hingga 2022 masih diamanahi 4 orang anak. Saya perempuan berdarah Minang dan saat ini sedang berproses menjadi seorang blogger.

Related Posts

Posting Komentar